Aku dan Keluarga ku Madah Bahana UI =)

well, walaupun sebenernya draft di blog gue udah ngantri pengen segera di selesaikan dan di publish, gue memutuskan untuk menunda mereka semua, demi postingan yang satu ini. Mumpung euphoria nya masih kerasa banget nih. hehehe =)
dipostingan ini juga gue memutuskan untuk menceritakan segalanya dari awal sekitar 4-5 bulan yang lalu sampai titik puncaknya yaitu kejuaraan GPMB (grandprix marching band) Desember 2013 di Istora Senayan.

hmmm… agak lama sih buat gue nge-recall titik awal gue menjadi bagian keluarga Madah Bahana UI, but fortunately gue berhasil mengingatnya.

waktu itu sekitar bulan Juli.. semua Mahasiswa Baru (MABA) UI diharuskan mengikuti serangkaian kegiatan OSPEK yang salah satunya yaitu acara Demo UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa), dihari itu, sekeliling Balairung UI sudah dipenuhi stand-stand UKM UI yang berjumlah puluhan, mulai dari UKM perakitan robot, penyiaran radio, berkuda, sport dance sampai pertukaran pelajar lengkap tersedia dan siap untuk menyalurkan bakat-bakat MABA UI yang tiap tahunnya berjumlah sekitar 8000 siswa dari seluruh penjuru Indonesia maupun mahasiswa Internasional.

gue, sebagai MABA yang baru lepas dari SMA gue yang notabene miskin Ekskul, trus disuguhkan dengan puluhan ekskul yang tingkat keunikannya berjuta-juta kali lipat membuat gue agresif untuk daftar sana-sini, pokoknya yang ada di pikiran gue saat itu “gue harus daftar sebanyak yang gue bisa, kalo bisa 7 hari dalam seminggu, kegiatan UKM harus penuh” hahahaaha maklum, MABA tuh belum kepikiran sama sibuknya ngerjain LTM (Laporan Tugas Mandiri), Makalah kelompok, Kuis mingguan dan kegiatan-kegiatan sepele lainnya kayak masak buat makan, nyuci baju, jemur, sampe bersiin kamar yang bakal berantakan setiap hari. Capek juga yah jadi mahasiswa nge-kost kalo dipikir – pikir hahaaha. Dan alhasil, di hari itu gue berhasil mendaftar 3 UKM yaitu Kendo UI, Wushu UI, dan Madah Bahana UI. Buat UKM Kendo dan Wushu pendaftarannya gratis…tis..tis.., tapi untuk UKM Madah Bahana kita dikenakan biaya pendaftaran IDR 25k. Ada satu fakta dibalik itu, yaitu dompet gue kebetulan bangettttt ketinggalan di kamar dan gue gak membawa persediaan uang sama sekali di hari itu, padahal dari jauh-jauh hari gue udah meniatkan diri gue buat daftar UKM Madahbahana berkat bujukan-bujukan senior gue yang sangat giat menyakinkan gue buat daftar UKM itu.

akhirnya…. gue menekatkan diri buat tanya – tanya dulu ke stand MBUI sebelum gue daftar. Di standnya sudah berdiri kakak senior yang suaranya cukup cempreng, tingginya setinggi gue, rambutnya lurus sebahu dan yang paling gue inget dari segalanya adalah dia make aksesoris bando yang di tempelin ornamen 3 dimensi bertuliskan “M B U I” trus dengan suaranya yang cempreng gak ada capeknya ngajak – ngajak MABA-MABA yang seliweran didepan stand MB buat sekedar daftar – daftar atau tanya-tanya tentang MB. didepan standnya udah banyak piala – piala tinggi dipajang sebagai objek promosi stand. Piala yang paling menyita perhatian itu piala tinggi yang tingginya hampir setinggi gue bertuliskan “Juara 1 GPMB 2010”. dengan keberanian seorang jomblo yang biasa berkeliaran sendirian, gue menghampiri stand MB dan gue langsung di sambut dengan ramah oleh kakak senior yang lain dan diarahkan langsung ke kaka senior yang bersuara cempreng itu.

“halo!!! selamat datang di stand MBUI, UKM marching band UI. kamu mau daftar?”

“hehe iya kak, sebenernya aku udah diajak sama senior aku, dia juga anak MB”

“oh ya? siapa namanya??”

“ka fikri sama teh acin. mereka kemana kak? kok aku gak liat mereka? Mereka gak main ntar pas demo kak?”

“ohh fikri sama acin, enggak, mereka kan udah jadi pengurus kayak aku, jadinya gak ikut tampil lagi. kamu mau langsung daftar?”

“iya kak, oiya mau nanya dulu kan biaya pendaftarannya 25ribu, tapi dompet aku ketinggalan di kostan, gimana ya kak?”

“ohh,,, yahh gimana yah? besok kalo kamu mau dateng lagi ke stand kita juga masih bisa kok.”

setelah gue pikir2 lagi, males banget juga sih dateng lagi besok, secara besok acaranya Demo UKM buat program paralel, vokasi, kki, gue akhirnya memutuskan untuk balik kekostan dan ngambil dompet gue.

“yaudah deh kak, aku balik aja kekostan mau ambil dompet dulu, ketinggalan tadi, ntar aku balik lagi kesini”

“okedeh, aku tungguin kok, oiya nama kamu siapa? tulis aja dulu di daftarnya”

“aku ditta kak. okedeh”

“wahhhh. namaku dita jugaaaa lohhhh!! kita sama”

trus gue cuma bisa nyengir-nyengir doang gak tau harus komen apa. hahaahaha *ampun ka ditul*

dan ternyata disitulah titik awal gue gabung sama Madahbahana UI dan kenal sama kak ditul yang sekarang udah gue anggep jadi kakak kembar gue. mwihihihii

di awal bulan agustus, kita dijadwalkan buat test penempatan alat, dan setelah 2 minggu dagdigdug penasaran gue dapet alat apa, akhirnya keluar juga tuh hasilnya di site nya MBUI, dan gue dapet alat High Brass. “OH My god!” gue gak tau harus komen apa karna gue sebenernya gak tau sama sekali tentang alat brass (tiup) karna pas daftar pun gue memilih alat colour guard (flag), tapi pada akhirnya gue terima hasilnya dan gue bertekad buat mencoba sesuatu yang baru. setelah beberapa minggu latihan harian ditetapkan didalam highbrass ada yang ditempatkan di trumpet dan di mellophone dan gue masuk ke alat trumpet. setelah 1 bulan berikutnya gue dipilih untuk menjadi komandan alat trumpet, bersama Diana-Komlat Mellophone, Fitria-Komlat baritone, Dendy-Komlat Tuba, Ica-Komlat Perkusi, Dimas-komlat Guard. Setelah terpilihnya dendy menjadi Komandan Pasukan, akhirnya Rio menggantikan posisi dendy sebagai Komlat Tuba. Selama latihan – latihan kita semua bersenang – senang sambil mengeksplore alat kita masing – masing yang baru saja kita kenal, dan ada dua hal yang gue pelajari selama proses latihan, yang pertama niup alat hingga menghasilkan suara yang memiliki melodi (do, re, mi, fa, sol) itu gak segampang yang kita liat kaya para musisi pas lagi niup trumpet dengan gaya yang macem-macem pas dikonser jazz. Kenapa? karna saat pertama kali gue disuruh niup trumpet, alat itu sama sekali gak bunyi, padahal gue udah pede dengan napas gue yang gue rasa udah kuat. ckckck. Yang kedua, trumpet gak seringan kelihatannya karna, gue mengalami yang namanya sakit bahu pas disuruh ngangkat alat trumpet selama 3 menit. dan wow! itu cukup “Surga” terutama buat para pemula yang baru belajar trumpet sekitar 2 bulan. haha

sekitar 2 bulan, para cadets (calon pasukan) fokus untuk berlatih untuk penampilan perdana kami di acara pelepasan pasukan GPMB 2013, diacara itu kami menampilkan 3 lagu yaitu lagu Ambilkan Bulan bu, 4×4 and little PF, dan Paman Datang. akhirnya setelah latian intensif, tibalah di hari terakhir kami latihan, di hari itu gue dikasih tau sama kak ditul dan ka dimas(manajer alat) kalo gue diajak jadi official TC (Training Centre) pasukan GPMB selama 10 hari sebagai staff alat yang kerjaannya udah kayak petugas posyandu netesin valve oil di alat pasukan tiap hari, udah gitu gue juga bantuin staff perlap buat ngisiin botol minum biar tetep penuh, distribusiin makanan, ngasih vitamin, ngasih snack, madu dan pekerjaan-pekerjaan lain yang bikin gue deket sama pasukan. and i guarantee that it would be awesome!

Hari pelepasan pun tiba. hari dimana para cadets akhirnya melakukan penampilan perdana mereka yang juga merupakan hari ke-3 dalam rangkaian TC pasukan, jadi di hari itu, gue sudah menginap di GOR POPKI Cibubur sejak 2 hari sebelumnya, sedangkan cadets yang lain berangkat bersama dari kampus UI di pagi harinya. hemm.. alhamdulilah walaupun gue, dendy, caesar, tito, rio harus menahan kantuk setengah mati karna kita baru selesai rapat eval sekitar jam 2 subuh, penampilan kita bisa dibilang cukup bagus (untuk ukuran cadets tentunya). =) Congratulation friends! we did our best!

sementara cadets yang lain kembali ke kampus UI, gue ber-5 harus melanjutkan tugas kita untuk 7 hari kedepan. walaupun capek, ngantuk, badan remuk, tapi TC itu emang bikin terkenang, dimana gue, dendy, tito, caesar, rio tidur ber-5 di mushola trus bangun-bangun mushola udah penuh sama pasukan yang pindah tempat tidur gara-gara menghindari “spencer” , trus lomba-lomba ngisi galon, ngangkat galon, keliling cibubur jam 11 malem buat nyari depot isi ulang air galon, mabok nasi bungkus, dan kecanduan boncabe, dan yang paling klimaks muncul sebutan Boyband buat menyebut (Dendy, caesar, tito, rio) dan gue sebagai Manager Boyband. hahaha sumpah ini bikin ngakak… sabi lah.

selain membuat rasa kekeluargaan dan kedekatan diantara sesama official, TC ini juga membuat kedekatan diantara official dan pasukan GMPB, waktu di awal gue jadi cadets, walaupun gue menjabat sebagai komlat trumpet, komunikasi antara gue ataupun cadets yang lain dengan pasukan itu sangat sangat minim banget karna emang cadets dan pasukan berbeda jadwal latihannya, tapi berkat TC ini, whoah! gue bisa mengenal hampir seluruh pasukan dan gue seneeeng banget rasanya bisa mengenal mereka, yang sebentar lagi kita semua menjadi satu pasukan. yeeaaay!!

then, setelah 3 hari menginap di POPKI Cibubur, hari keesokannya kita bermalam di Istora Senayan dalam rangka try out/ gladi bersih di sana. rencana awalnya kita sudah mulai berangkat selepas dzuhur, tapi karna ada satu masalah, kita jadi berangkat sekitar jam 3 dari cibubur, fortunately perjalanan cibubur-senayan enggak macet sama sekali sehingga kita hanya menghabiskan 45 menit untuk waktu perjalanan. sesampainya kita di istora, pasukan latihan seperti biasa di dalam istora, sampai akhirnya pas jam 6 sore, para cadets yang diminta menjadi helper datang menyusul kami. Momen yang paling lucu, seru dan bikin seneng adalah ketika para helper disuruh buat megang botol-botol minum yang disiapkan buat pasukan ketika pasukan dikasih waktu istirahat minum. Dan saat istirahat minum tiba, wushhhhh *grabak grubuk* suara helpers yang berasa lagi lomba adu cepet, lari-lari ke arah pasukan dengan semangat yang masih membara, beda lah pokoknya sama gue yang udah dekil ngantuk gak karuan hahaaha, Proud of you guys!

akhirnya try out dilaksanakan tepat pukul 12-1 pagi, whoaaahhhh moment ini yang gue tunggu-tunggu, somehow istora di dini hari tuh ada aura-aura yang bedaaaa ajaa *apasih* hahaaahha. setelah tryout selesai, pasukan langsung digiring menuju bikun masing-masing untuk memulai perjalanan pulang ke Wisma Polimedia, Srengseng Sawah, tempat kita menginap, sedangkan helpers dipersilahkan pulang saat sebelum ke srengseng sawah tentunya ada kegiatan unloading ke Pusgiwa UI dahulu. Yang gue inget, kita semua sampai di wisma penginapan sekitar jam 5-6 pagi dalam keadaan tepar dan lebih memilih tiduran di sofa lobi wisma daripada masuk kamar saking ngantuknya hahaa, gue mikir gimana kabarnya bapak Bikun yah?? hahaa keren laah buat bapak bikun!

finally setelah gegoleran di lobi,akhirnya gue dikasih kamar dan ternyata kamar 2.11 ada disebelah kamar para cowo-cowo terompet dan tuba hahahahahahahahaha kalo kata cadets yang lain sih “it’s a big chance dit!!” wkwkwwkkwkwwkwwkwkk. Hari-hari selanjutnya berjalan seperti biasa, latihan dan run through. sampaaiiii tibalah waktunya…… 27 Desember 2013, d-day GPMB yang sudah ditunggu-tunggu semua official maupun pasukan.

D-day GPMB, 27 Desember 2013, babak kualifikasi.

pada babak kualifikasi, MBUI mendapat nomor urut 19 dan tampil sekitar jam 17.20. Pasukan tiba di Istora Senayan sekitar jam 9 pagi, kegiatan dimulai dari unloading alat, pemanasan, latihan sectional, dan ditutup dengan fullband. Disinilah gue kagum dengan MBUI, karna ternyata MBUI pun punya fans yang setia menyaksikan pasukan saat latihan, membeli kaos supporter system MBUI sampai memberikan dukungan yang super saat MBUI tampil didalam Istora. walaupun ternyata acara perlombaannya mengalami keterlambatan waktu hingga satu jam, pasukan MBUI berhasil menampilkan yang terbaik. dibabak kualifikasi yang terdiri dari 22 Band dari seluruh Indonesia, MBUI berhasil mendapatkan Posisi ke-3 setelah MB Bahana Cendana Kartika Duri – Riau dan MB UGM – Yogyakarta. semua kru dan pasukan tiba di wisma sekitar jam 1 malam, dan hari yang indah itu ditutup dengan bobo cantik dan rasa bersyukur kita atas hasil yang didapat =)

Rehearsal Day, 28 Desember 2013, at Balairung UI.

setelah melalui babak kualifikasi, terdapat jeda 1 hari menjelang final Divisi Utama yang terdiri dari Band yang menempati posisi 1-10. Latihan dihari ini sangat santai sekali, materinya hanya seputar mereview dan memperbaiki bagian-bagian yang masuk kedalam komentar para juri. di hari ini kondisi fisik gue dan beberapa teman official maupun pasukan  yang lain kurang sehat, jadi kita memutuskan untuk beristirahat selama beberapa jam saat anak-anak pasukan yang lainnya latihan. latihan hari ini ditutup dengan run through yang maksimal sekali =). setelah itu sehabis magrib, kita semua kembali ke wisma untuk beristirahat.

D-day Final GPMB Divisi Utama, 29 Desember 2013

dibabak Final ini, MBUI mendapat jadwal tampil pukul 2 siang yang berarti kami semua harus berangkat lebih awal dari srengseng ke Senayan. Pukul 5 pagi kegiatan di Wisma sudah cukup hectic dan sibuk, pasukan sudah bersiap-siap untuk berangkat. kegiatan hari itu di awali dengan apel pagi didepan wisma, setelah semuanya sudah siap, seluruh pasukan dan crew masuk kedalam bikun. Gue bersama teh acin dan kak yoyo berada di bikun Low Brass. selama perjalanan, anak-anak Low brass tidak ada capeknya untuk bercanda, bikin lelucon-lelucon maupun sekadar mengobrol seru sampai akhirnya ditengah perjalanan mereka tertidur dengan sendirinya. saat sampai di gerbang istora, kami semua mengucapkan salam didalam hati sebagai tanda untuk memulai keberuntungan dan memohon doa di hari itu. seperti hari di babak kualifikasi, di babak final pun kegiatan dimulai dengan unloading alat dan latihan sectional, bedanya, ketika MBUI tampil fullband di parkiran istora, penonton yang datang melihat latihan kami lebih banyak dan berasal dari band-band lain yang sudah tampil pada divisi I kemarin. setelah selesai runthrough fullband yang ditutup dengan tepuk tangan dari penonton, pasukan digiring menuju ruangan kami Kenanga 1-2 untuk istirahat sholat dzuhur dan makan siang. setelah itu kami bersiap-siap dress up dan tepat di pukul 14.00 MBUI siap tampil dan menghibur penonton di Istora Senayan dengan maksimal.

sampai tibalah waktu nya pengumuman juara di Babak Final Divisi Utama GPMB 2013. Perhatian kami terpusat dengan para pendukung dari persatuan MB se-yogyakarta yang sudah siap mendukung 5 grup MB yang bertanding di final yaitu MB ISI, MB UMY, MB UGM,  MB UNY dan MB UII. Ada satu momen paling berkesan dari persahabatan yang dibangun MB -MB yang bertanding, saat acara pengumuman di mulai, supporter dari jogja mulai bernyanyi “disini jogja, disana depok, dimana-mana kita saudara~” nyanyian itu kita sambut dengan seruan “3, 4 terimakasih jogja” dan hal itu membuat peserta MB yang lain ikut tertawa dan bertepuk tangan. didalam perlombaan ini, gue mendapat sebuah nilai bahwa bagaimanapun kita berlomba dan berkompetisi, rasa persaudaraan dan sportivitas tetap menjadi yang utama dan perlu dijaga. =)

akhirnya pengumuman juara pun tiba. Istora sempat dikejutkan dengan kehadiran Gubernur DKI Jakarta Joko widodo yang diundang untuk menyerahkan Piala Presiden kepada Sang Juara 1,dan hasilnya memang tidak mengejutkan lagi bahwa ternyata urutan juara 1-3 pada babak kualifikasi tidak mengalami perubahan sama sekali di babak final. Juara 3 ditempati MBUI, juara 2 ditempati MB UGM dan juara 1 ditempati MB BCK Duri. Congratulation!!!!!!

perayaan, euphoria dan ucapan selamat datang dari pendukung, pasukan dan para kru MB yang menjadi pemenang pada hari itu. dan gue merasa bersyukur banget dikasih kesempatan untuk merasakan euphoria di lantai Istora bersama seluruh keluarga MBUI. hari itu menjadi titik motivasi semua cadets untuk segera bergabung bersama pasukan 2014. See y’all next year! kita berjuang, tertawa dan menjadi juara bersama! AMIN.

Gue dan Asoka, my bestfriend yang asik memainkan potongan-potongan kertas.

Gue dan Asoka, my bestfriend yang asik memainkan potongan-potongan kertas.

me dan piala-piala yang berhasil diraih MBUI pada GPMB 2013

me dan piala-piala yang berhasil diraih MBUI pada GPMB 2013

para cadets berfoto bersama dan ikut merasakan euphoria di lantai Istora

para cadets berfoto bersama dan ikut merasakan euphoria di lantai Istora

Euphoria bersama Tito, Rio, ka dimas (Manajer Alat), dan Caesar

Euphoria bersama Tito, Rio, ka dimas (Manajer Alat), dan Caesar

Advertisements

2 thoughts on “Aku dan Keluarga ku Madah Bahana UI =)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s