I Got My 1st GPA, and I’m Still Thankful

oke, some of maba-maba yang masih terkena dampak euphoria kuliah, dan berhasil mengakhiri semester pertamanya, pasti akan terkenang dengan IP perdana yang mereka dapat. Oleh karna itu, gue pun ingin ikut merayakan euphoria dan mengenang IP perdana gue disini. bukan bermaksud untuk pamer loh yaahhh…. tapi dengan dituangkan di blog gue, gue akan selalu teringat dan terpacu untuk meningkatkan kualitas belajar gue disini. dan semoga kalian juga ikut terpacu =)

Hal pertama yang ingin gue sampaikan adalah rasa syukur kepada tuhan dan orang tua gue yang sudah berjuang untuk memberikan pendidikan hingga gue bisa merasakan rasanya duduk di bangku kuliah, di universitas yang “katanya” impian kebanyakan orang dan belajar dengan tenang dan bahagia disini. Tanpa rasa tertekan sama sekali. Dan yang kedua, gue juga ingin mengucapkan terimakasih kepada Kakak terhebat gue Difanty meza yang tentunya sudah memulai dunia perkuliahan lebih dulu dari gue sehingga ia dapat membagi pengalaman dan nasihat – nasihatnya serta IP nya yang “ajaib” yang berhasil membuat gue terpacu to be better than her. Dan yang terakhir kepada 2 sahabat terbaik gue sejak 4 tahun yang lalu, Asoka Bagaswari dan Asri Widyastuti yang sudah menemani gue di kostan saat gue stress, kesepian dan begadang buat ngerjain tugas. sooo loveee you all!

okeh, sebenernya cukup complicated prosesnya sampai gue mendapatkan hasil akhir pada IP gue.

jadi, FYI mungkin memang disemua PT di Indonesia menggunakan situs khusus agar mahasiswanya dapat mengakses hasil IP mereka secara online. Begitu pula universitas gue, semua mahasiswa diberikan sebuah akun pribadi yang sifatnya rahasia sejak awal kami mendaftarkan ulang diri kami saat awal penerimaan masuk. Username dan Password akun tersebut dapat digunakan diberbagai situs yang dibangun oleh UI, termasuk situs SIAK-NG (Sistem Informasi Akademik Next Generation) yang dapat dipergunakan untuk melihat IP, Mengisi rencana perkuliahan, jadwal kuliah, melihat kelas yang terisi atau penuh dan memantau pembayaran uang semester.

Semenjak akhir perkuliahan di semester 1, gue dan maba-maba yang lain dengan harap-harap cemas memantau setiap saat Siak-NG masing-masing, karena bisa kapan pun nilai kita masuk dan mempengaruhi nilai kita sebelumnya. Dan itulah yang dialami gue beberapa hari terakhir. Nilai mata kuliah gue yang pertama keluar adalah nilai MPK Olahraga gue yang bernilai 1 sks out of 20 sks. Permulaan yang cukup baik, karna gue berhasil mendapat nilai A, tapi…. 2 hari kemudian ada 2 nilai matkul gue yang lain masuk dan mempengaruhi IP sementara, karena gue gagal mendapat A di salah satu mata kuliah itu, IP sementara gue turun, sampai akhirnyaaaaaaaa… hari ini semua nilai sudah keluar. dan rasanyaaa legaaaa banget banget, karna at least target gue untuk cum laude tercapai pada semester ini, walaupun pas-pasan banget. huft.

Image

sampai tulisan ini di publish, gue belum dapet kabar apapun dari 2 sahabat gue mengenai IP mereka, tapi gue selalu berdoa semoga mereka mendapat hasil yang lebih baik dari gue =) aamiiinnn.

Leave a Reply

